SOSIALISASI PENGHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN DAN HARGA JUAL PRODUK PADA INDUSTRI LETTERING DAN OLAHAN MAKANAN DI KOTA SURAKARTA

Rini Handayani

Abstract


Usaha kecil dan menengah memiliki peran penting sebagai penggerak ekonomi di Indonesia. Namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi UKM sehingga dapat mengganggu perkembangannya. Terutama masalah dibidang keuangan.Kesulitan UKM untuk menentukan harga pokok penjualan dan harga jual yang tepat nantinya dapat mempengaruhi keuntungan dan keberlangsungan usaha mereka. Untuk itu dilakukan suatu pelatihan yang akan memberi wawasan pengusaha UKM untuk dapat menghitung dengan tepat harga pokok penjualan dan harga jual produksi mereka. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta. Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh 40 peserta yang merupakan UKM industri Lettering dan Olahan Makanan di wilayah Kalilarangan Kota Surakarta. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk memberi wawasan bagi UKM dibidang manajemen produksi yang fokus pada perhitungan harga pokok penjualan dan harga jual produk. Kegiatan dilakukan pada tanggal 29 – 30 Oktober 2019 di Hotel Sarila Surakarta. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan dapat memberi manfaat positif bagi peserta. Hal ini dapat dilihat dari keselarasan materi yang disampaikan dengan kebutuhan peserta. Selain itu antusias peserta dalam mengikuti kegiatan juga menjadi toluk ukur keberhasilan kegiatan pengabdian tersebut.

Full Text:

PDF

References


Adelina, N., & Nugroho, T. S. P. (2020). PENGELOLAAN KEUANGAN DESA SESUAI DENGAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA NO. 113 TAHUN 2014 (DESA BLORONG KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 1(1), 39-52.

Affandi, H. A., & Sudarmadi, S. (2019). Kajian Usaha Hidangan Istimewa Kampung (HIK) Di Kabupaten Boyolali. Riset Manajemen dan Akuntansi, 10(2), 54-70.

Admad, kamarudin.2017. Akuntansi Biaya. Jakarta: Rajawali Pers.

Almaidah, S., & Wagiyem, W. Pengaruh Komitmen Organisasi, Perilaku Kewargaan Organisasional, dan Etika Kerja Islami terhadap Perubahan Organisasi (Studi terhadap Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta). Riset Manajemen dan Akuntansi STIE Atma Bhakti, 5(10), 221008.

Cahyono, E., Haryono, T., Haryanto, B., & Harsono, M. (2020). The role of gender in the relationship between abusive supervision and employee's organisational citizenship behaviour in Indonesia. International Journal of Trade and Global Markets, 13(3), 311-322.

Fasdian, F., Triyanto, T., & Adelina, N. (2019). ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK SAJI PACITAN. Riset Manajemen dan Akuntansi, 10(1).

Handayani, R., Rachmawati, M., Kurniawan, R., & Roespinoedji, D. (2020). BUILDING OF E-CUSTOMERS’LOYALTY THROUGH IMAGE DEPARTMENT STORE IN DIGITAL ERA (Survey of department store in the city of Bandung).

Macpal, B., Morasa, J., dan Tirayoh V. (2014). Analisis Perhitungan Harga Pokok Penjualan Barang Produksi Pada Jepara Meubel Di Kota Bitung. Jurnal EMBA, Vol.2 No.3,1495-150.

Mulyadi, 2015. Akuntansi Biaya. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajeman YKPN

Nurhidayat, E., & Marsudi, H. (2020). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN BRAND LOYALTY TERHADAP PURCHASE INTENTION AIR MINERAL DALAM KEMASAN UTRA PADA PT GUWATIRTASEJAHTERA. MUARA: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 3(1), 1-7.

Sari, D. W., & Kasidin, K. (2020). PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH NASABAH DI PT. BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SOLO. Riset Manajemen dan Akuntansi, 11(1), 36-48.

Sululing, Siswadi dan Asharudin, Doddy. (2016). Analisis Harga Pokok Penjualan Pada Laba Di Apotik Kimia Farma No. 66 Luwuk. Jurnal Ekonomi. Volume XXI, No.01, Maret 2016: 23-42.

Sriyanto, S. (2020). BAKTI SOSIAL DALAM UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 DI DESA NGIJO KECAMATAN TASIKMADU KABUPATEN KARANGANYAR. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1-8.

Widyawati. (2013) “ Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi dan Penerapan Metode Mark Up Dalam Penentuan harga Jual Produk Pada Usaha Amplang Di Samarinda“. Jurnal Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulawarman Samarinda. Vol. 1 No. 2 2013.




DOI: https://doi.org/10.36600/.v6i1.130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.