SOSIALISASI PENTINGNYA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO BAGI USAHA MENENGAH KECIL MIKRO DESA BALESARI, KEC. WINDUSARI, KAB. MAGELANG

Chaidir Iswanaji, Erni Puji Astutik, Endang Kartini Panggiarti

Abstract


Pelaksanaan PKM difokuskan di Desa Balesari yang merupakan desa binaan Universitas Tidar. Mata pencaharian sebagian besar penduduk Desa Balesari adalah petani. Perdagangan dan industri kerajinan dan makanan, merupakan mata pencaharian yang mulai banyak dilakukan oleh penduduk untuk meningkatkan pendapatannya. Terdapat sekitar 30 industri kerajinan dan makanan yang sudah memulai usaha dalam beberapa tahun terakhir Dari jumlah tersebut, dibagi menjadi 5 kelompok industri rumahan, yang sudah terbagi dalam klasifikasi kerajinan tertentu. Keberadaan UMKM di Desa Windusari belum dikelola dengan maksimal, sehingga perlu dilakukan penyuluhan dalam rangka memberikan motivasi guna pemberdayaan UMKM.UMKM yang ada belum mengenal pembukuan usaha guna mendukung pemberdayaan UMKM untuk dapat berkembang lebih optimal serta kurangnya pengetahuan masyarakat Desa Balesari dalam memahami peran Lembaga Keuangan Mikro. Adapun target dan luaran dalam kegiatan pengabdian ini adalah: 1) Publikasi ilmiah di jurnal/prosiding, 2) Memberikan ketrampilan dan meningkatkan : (a) keahlian dalam bidang UMKM, (b) keahlian dalam menjalankan usaha, (c) LKM, (d) keahlian dalam pembukuan LKM. Tujuan pengabdian yang dilaksanakan yakni menyampaikan ilmu bidang akuntansi serta motivasi masyarakat dalam memberdayakan UMKM yang sudah ada maupun membuka peluang UMKM yang baru, melatih dan mendampingi masyarakat dalam melakukan pembukuan UMKM, memotivasi dan mendorong perlunya pembentukan LKM serta membimbing berkas-berkas yang diperlukan pada pembukuan LKM. Materi sosialisasi dan penyuluhan berkaitan dengan UMKM dan LKM serta bagaimana model administrasi dokumen pendukung dalam pengelolaan keuangan usaha mandiri. Model administrasi dokumen pendukung ini akan sangat membantu dalam rangka meningkatkan pengelolaan keuangan yang dilakukan dengan baik. Keyword: Pembukuan, adminstrasi, LKM

Full Text:

PDF

References


Adelina, N., & Nugroho, T. S. P. (2020). PENGELOLAAN KEUANGAN DESA SESUAI DENGAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA NO. 113 TAHUN 2014 (DESA BLORONG KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 1(1), 39-52.

Affandi, H. A., & Sudarmadi, S. (2019). Kajian Usaha Hidangan Istimewa Kampung (HIK) Di Kabupaten Boyolali. Riset Manajemen dan Akuntansi, 10(2), 54-70.

Almaidah, S., & Wagiyem, W. Pengaruh Komitmen Organisasi, Perilaku Kewargaan Organisasional, dan Etika Kerja Islami terhadap Perubahan Organisasi (Studi terhadap Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta). Riset Manajemen dan Akuntansi STIE Atma Bhakti, 5(10), 221008.

Bradstreet & Dan, 1993. Strategic Plan and Business Plan. New York: Prentice Hall Inc. Hal.1

Cahyono, E., Haryono, T., Haryanto, B., & Harsono, M. (2020). The role of gender in the relationship between abusive supervision and employee's organisational citizenship behaviour in Indonesia. International Journal of Trade and Global Markets, 13(3), 311-322.

Fasdian, F., Triyanto, T., & Adelina, N. (2019). ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK SAJI PACITAN. Riset Manajemen dan Akuntansi, 10(1).

Handayani, R., Rachmawati, M., Kurniawan, R., & Roespinoedji, D. (2020). BUILDING OF E-CUSTOMERS’LOYALTY THROUGH IMAGE DEPARTMENT STORE IN DIGITAL ERA (Survey of department store in the city of Bandung).

Hadiyati. 2011. Kreatifitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 8-16

http://cpanel.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/viewArticle/18240, Ernani Hadiyati, 2011. Kretifitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 13 No. 1. Diunduh tanggal, 22 Januari 2016

http://www.bi.go.id/id/tentang-bi/uu-bi/Documents/UU20Tahun2008UMKM.pdf Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Diunduh tanggal, 22 Januari 2016

http://ced.petra.ac.id/index.php/man/article/view/17975 Ernani Hadiyati, 2009. Kajian Pendekatan Pemasaran Kewirausahaan dan Kinerja Penjualan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 11 No. 2. Diunduh tanggal, 22 Januari 2016

Nurhidayat, E., & Marsudi, H. (2020). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN BRAND LOYALTY TERHADAP PURCHASE INTENTION AIR MINERAL DALAM KEMASAN UTRA PADA PT GUWATIRTASEJAHTERA. MUARA: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 3(1), 1-7.

Prawirokusumo, Soeharto. 1997. Peranan Perguruan Tinggi dalam Menciptakan Wirausaha-Wirausaha Tangguh. Seminar. Jatinangor: PIBI-IKOPIN. Hal.5

Lambing Peggy,Charles.2000. Entrepreneurship. New Jersey: Prentice Hall Inc. Hal.43

Subarman K dkk. 2020. Pengabdian Kepada Masyarakat Sosialisasi Strategi Usaha Kecil Menengah Untuk Meningkatkan Produktivitas Pasca Pandemi Virus Covid19. Jurnal Pengabdian Universitas Pamulang

Sriyanto, S. (2020). BAKTI SOSIAL DALAM UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 DI DESA NGIJO KECAMATAN TASIKMADU KABUPATEN KARANGANYAR. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1-8.

UUD 1945 pasal 27 ayat 2, pasal 33 dan 34




DOI: https://doi.org/10.36600/.v6i1.134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.