PENYULUHAN PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK MAKANAN RINGAN DI DESA NGIJO KECAMATAN TASIKMADU KABUPATEN KARANGANYAR

Sriyanto Sriyanto, Fadjar Harimurti, Kasidin Kasidin, Sutianingsih Sutianingsih

Abstract


Desa Ngijo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar memiliki berbagai potensi salah satunya usaha di bidang industri makanan ringan (snack). Permasalahan yang dihadapi mitra yaitu belum memiliki kapabilitas pemasaran yang memadai terutama kurangnya inovasi, baik inovasi produk, inovasi promosi, dan inovasi distribusi. Kegiatan Pengabdiaan Kepada Masyarakat dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian sosial Perguruan Tinggi STIE Atma Bhakti Surakarta melalui kegiatan penyuluhan kepada mitra mengenai pengembangan strategi pemasaran dengan harapan agar mitra di Desa Ngijo dapat berkembang dan berekspansi ke usaha yang berskala lebih luas. Metode pelaksanaan menggunakan metode ceramah dan sharing. Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan Observasi Lapangan, Pelaksanaan Kegiatan, dan Penyusunan Laporan. Setelah mengikuti penyuluhan dan sharing, para mitra telah memperoleh pengetahuan dan wawasan yang semakin baik mengenai strategi memasarkan produk makanan ringan melalui bauran pemasaran 5P yaitu produk, harga, promosi, distribusi, dan pelayanan. Dengan adanya program pengabdian ini diharapkan akan banyak membantu persoalan pemasaran yang dihadapi mitra (Kelompok Wanita Tani) di desa Ngijo terutama dalam memasarkan dan menjual produksinya. Kata kunci: strategi, pemasaran, snack, desa ngijo

Full Text:

PDF

References


Adelina, N., & Nugroho, T. S. P. (2020). PENGELOLAAN KEUANGAN DESA SESUAI DENGAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA NO. 113 TAHUN 2014 (DESA BLORONG KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 1(1), 39-52.

Affandi, H. A., & Sudarmadi, S. (2019). Kajian Usaha Hidangan Istimewa Kampung (HIK) Di Kabupaten Boyolali. Riset Manajemen dan Akuntansi, 10(2), 54-70.

Almaidah, S., & Wagiyem, W. Pengaruh Komitmen Organisasi, Perilaku Kewargaan Organisasional, dan Etika Kerja Islami terhadap Perubahan Organisasi (Studi terhadap Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta). Riset Manajemen dan Akuntansi STIE Atma Bhakti, 5(10), 221008.

Amstrong dan Kotler, 2007, Manajemen Pemasaran : Analistis, perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 2. PT. Prehalindo, Jakarta

BPS Kabupaten karanganyar, 2018. Kabupaten Karanganyar Dalam Angka. Karanganyar: Badan Pusat Statistik Kabupaten Karanganyar.

Cahyono, E., Haryono, T., Haryanto, B., & Harsono, M. (2020). The role of gender in the relationship between abusive supervision and employee's organisational citizenship behaviour in Indonesia. International Journal of Trade and Global Markets, 13(3), 311-322.

Fasdian, F., Triyanto, T., & Adelina, N. (2019). ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK SAJI PACITAN. Riset Manajemen dan Akuntansi, 10(1).

Handayani, R., Rachmawati, M., Kurniawan, R., & Roespinoedji, D. (2020). BUILDING OF E-CUSTOMERS’LOYALTY THROUGH IMAGE DEPARTMENT STORE IN DIGITAL ERA (Survey of department store in the city of Bandung).

Kotler, Philip, 2009, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Jilid 1, Prehalindo, Jakarta.

Nurhidayat, E., & Marsudi, H. (2020). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN BRAND LOYALTY TERHADAP PURCHASE INTENTION AIR MINERAL DALAM KEMASAN UTRA PADA PT GUWATIRTASEJAHTERA. MUARA: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 3(1), 1-7.

Sari, D. W., & Kasidin, K. (2020). PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH NASABAH DI PT. BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SOLO. Riset Manajemen dan Akuntansi, 11(1), 36-48.

Sriyanto, S. (2020). BAKTI SOSIAL DALAM UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 DI DESA NGIJO KECAMATAN TASIKMADU KABUPATEN KARANGANYAR. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1-8.




DOI: https://doi.org/10.36600/.v6i1.136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.