PENYULUHAN PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK MAKANAN RINGAN DI DESA NGIJO KECAMATAN TASIKMADU KABUPATEN KARANGANYAR

Sriyanto Sriyanto, Fadjar Harimurti, Kasidin Kasidin, Sutianingsih Sutianingsih

Abstract


Desa Ngijo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar memiliki berbagai potensi salah satunya usaha di bidang industri makanan ringan (snack). Permasalahan yang dihadapi mitra yaitu belum memiliki kapabilitas pemasaran yang memadai terutama kurangnya inovasi, baik inovasi produk, inovasi promosi, dan inovasi distribusi. Kegiatan Pengabdiaan Kepada Masyarakat dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian sosial Perguruan Tinggi STIE Atma Bhakti Surakarta melalui kegiatan penyuluhan kepada mitra mengenai pengembangan strategi pemasaran dengan harapan agar mitra di Desa Ngijo dapat berkembang dan berekspansi ke usaha yang berskala lebih luas.
Metode pelaksanaan menggunakan metode ceramah dan sharing. Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan Observasi Lapangan, Pelaksanaan Kegiatan, dan Penyusunan Laporan. Setelah mengikuti penyuluhan dan sharing, para mitra telah memperoleh pengetahuan dan wawasan yang semakin baik mengenai strategi memasarkan produk makanan ringan melalui bauran pemasaran 5P yaitu produk, harga, promosi, distribusi, dan pelayanan. Dengan adanya program pengabdian ini diharapkan akan banyak membantu persoalan pemasaran yang dihadapi mitra (Kelompok Wanita Tani) di desa Ngijo terutama dalam memasarkan dan menjual produksinya.

Kata kunci: strategi, pemasaran, snack, desa ngijo

Full Text:

PDF

References


Amstrong dan Kotler, 2007, Manajemen Pemasaran : Analistis, perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 2. PT. Prehalindo, Jakarta

BPS Kabupaten karanganyar, 2018. Kabupaten Karanganyar Dalam Angka. Karanganyar: Badan Pusat Statistik Kabupaten Karanganyar.

Kotler, Philip, 2009, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Jilid 1, Prehalindo, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.36600/.v6i1.136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.