PENGARUH BADAN USAHA MILIK DESA TERHADAP PUSAT PERKEMBANGAN EKONOMI DESA, DESA MAJU INDONESIA SEJAHTERA BUMDES TANJUNG MAYAN (DANAU TELOKO)

Lidiya Paramita, Lesi Hertati, Lilis Puspitawati, Rilla Gantino, Meifida Ilyas

Abstract


Desa ialah salah tempat yang potensial bagi perekonomian pada suatu negara. Di sini lah banyak potensi yang dapat dikembangankan , selain itu juga banyak terdapat sumber daya alam yang tersedia di dalamnya. Sebelum pemerintah menyadari hal tersebut desa-desa tidak dapat berkembang dan tetap tertinggal. Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa terdiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat desa setempat.Permodalan Badan Usaha Milik Desa dapat berasal dari Pemerintah Desa, tabungan masyarakat, bantuan Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, pinjaman, atau penyertaan modal pihak lain atau kerja sama bagi hasil atas dasar saling menguntungkan. pemerintah menyadari akan potensi desa yang begitu besar mereka menerbitkan sebuah peraturan yakni Otonomi Daerah maka banyak daerah yang memanfaatkan hal tersebut untuk mengembangkan wilayahnya yang terutama mengembangkan desa mereka. Salah satu kegiatan yang dilakukan ialah badan usaha milik desa. Badan Usaha Milik Desa, yang selanjutnya disebut BUMDES, adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa Kata Kunci : BUMDES, Ekonomi Desa, Desa Maju

Full Text:

PDF

References


Ainurrohmah, F., & Handayani, R. (2020). The influence of motivation, learning discipline, teacher competence and parental support on academic achievement of students (study on gama english course sukoharjo). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(4).

Brown, S., Venkatesh, V., 2005. Model of adoption of technology in households: abaseline model test and extension incorporating household life cycle. MIS Q. 29 (3),399–426.

Burgess, S.M., Steenkamp, J.-B.E.M., 2006. Marketing renaissance: how research inemerging consumer markets advances marketing science and practice. Int. J. Res.Market. 23, 337–356.

Budi, L. S. 2013. Development of Agro-Horticultural Commodity Approach and Institutional Models in The District Of Madiun, Indonesia. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 3(6), 363-367.

Cahyono, E., & Abdullah, S. (2020, October). Exploring the Model of Abusive Supervision and Employee’s Turnover Intention: Is Neuroticism a Moderator?. In ICAME 2020: Proceedings of the 5th International Conference on Accounting, Management and Economics (p. 119).

Chang, A., 2012. UTAUT and UTAUT2: a review and agenda for future research. J. Win.13 (2), 106–114.

Chavula, H.K., 2013. Telecommunications development and economic growth in Africa.Inf. Technol. Dev. 19 (1), 5–23.

Cabanillas, F., Japutra, A., Molinillo, S., Singh, N., Sinha, N., 2020. Assessment ofmobile technology use in the emerging market: analyzing intention to use m-paymentservices in India. Telecommun. Pol. 44 (9), 1–17.

Dakduk, S., Gonzalez, M., Malave, J., 2010. Percepciones acerca de los pobres y lapobreza: Una revision. Rev. Latinoam. Psicol. 42 (3), 413–425.

Greenacre, L., Akbar, S., 2019. The impact of payment method on shopping behaviouramong low-income consumers. J. Retailing Consum. Serv. 47, 87–93.

Guesalaga,R.,Marshall,P.,2008.Purchasingpoweratthe bottom ofthepyramid:differencesacross geographic regions and income tiers. J. Consum. Market. 25 (7), 413–418.

Gupta, S., Yun, H., Xu, H., Kim, H.W., 2017. An exploratory study on mobile bankingadoption in Indian metropolitan and urban areas: a scenario-based experiment. Inf.Technol. Dev. 23 (1), 127–152.

Hamilton, K.L., Catterall, M., 2005. Towards a better understanding of the low-incomeconsumer. Adv. Consum. Res. 32 (1), 627–632.

Hansen, J.M., Saridakis, G., Benson, V., 2018. Risk, trust, and the interaction of perceivedease of use and behavioral control in predicting consumers’use of social media fortransactions. Comput. Hum. Behav. 80, 197–206.

Hertati.L. Sumantri R.2016. Just In Time, Value Chain, Total Quality Management, Part Of Technical Strategic Management Accounting. International Journal Of Scientific & Technology Research 5( 4) 181-191

Hertati.L& Syafarudin.A.(2018). How the Implementation of the Industrial Revolution 4.0 Management Information System Influenced Innovation: The Case of Small and Medium Enterprises in Indonesia. Journal of Asian Business Strategy. 8 ( 2) 52-62

Hertati.L, Safkaur.O, 2019. Impact Of Business Strategy On The Management Accounting: The Case Of The Production Of State-Owned Enterprises In Indonesia, South Sumatra. Journal of Asian Business Strategy 9, ( 1) 29-39.

Hertati, L. Widiyanti.M.Desfitrina. Syafarudin.A. (2020). The Effects Of Economic Crisis On Business Finance. International Journal of Economics and Financial Issues 10, (3) 236-244.

Heinonen, K., Holmlund, M., Strandvik, T., Gebauer, H., Reynoso, J., 2013. An agenda forservice research at the base of the pyramid. J. Serv. Manag. 24 (5), 482–501.

Hill, R.P., 2002. Stalking the poverty consumer: a retrospective examination of modernethical dilemmas. J. Bus. Ethics 37 (2), 209–219.

Iskandar & Kustiyah, Eny. 2017. Batik Sebagai Identitas Kultural Bangsa Indonesia Di Era Globalisasi. Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta.

Sa’du, A.A., 2011. Batik Nusantara-Makna Filosofis, Cara Pembuatan, dan Industri Batik. Yogyakarta: Andi

Always, B. 2016. Konstruksi Sosial Masyarakat Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau Atas Realitas Bono. JOM Fisip

Mustofa, I. 2015. Analisis Deskriptif Fenomena Gelombang Pasang Bono di Muara Sungai Kampar Riau. Bogor Agricultural

Nugroho, T. S. P., & Indahsari, N. D. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2021. Riset Manajemen dan Akuntansi, 14(1), 1-12.

Nurhidayat, E., & Marsudi, H. (2020). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN BRAND LOYALTY TERHADAP PURCHASE INTENTION AIR MINERAL DALAM KEMASAN UTRA PADA PT GUWATIRTASEJAHTERA. MUARA: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 3(1), 1-7.

Rahmawan, G.A., Wisha, U.J., Husrin, S., & Ilham. (2016). Analisis Batimetri dan Pasang Surut Di Muara Sungai Kampar : Pembangkit Penjalaran Gelombang Pasang Surut Undular Bore (Bono). Geomatika

Rianto, S., & Santri. (2017). Kendala dan Upaya Pengembangan Objek Wisata Bono di Sungai Kampar Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Riau. Jurnal Spasial

Sari, D. W., & Kasidin, K. (2020). PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH NASABAH DI PT. BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SOLO. Riset Manajemen dan Akuntansi, 11(1), 36-48.

Sriyanto, S., & Adelina, N. (2020). ORIENTASI PASAR DAN KINERJA PERUSAHAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19: PERAN E-COMMERCE SEBAGAI MODERASI (Studi UMKM Di Kota Solo). Riset Manajemen dan Akuntansi, 11(2), 62-75.

Sutianingsih, S., Budiyanto, B., & Suwitho, S. (2023). Mediation Role of Job Satisfaction on the Influence of Non-Financial Compensation and Transactional Leadership on Employee Performance. The International Journal of Business & Management, 9(7), 79-84.

Wijayanti, H. T., & Almaidah, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang D’fresco Donut Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 18(2), 225-238.

Wulandari, Ari. 2011. Batik Nusantara Makna Filosofis, Cara Pembuatan, dan Industri Batik. Yogyakarta: Andi

Yuliatiyanto, B. (2009). Fenomena Gelombang Pasang Bono Di Muara Sungai Kampar. Dinamika Teknik Sipil.




DOI: https://doi.org/10.36600/janaka.v2i1.175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.