PENGENALAN ENTREPRENEURSHIP DAN INOVASI KEPADA KARANGTARUNA

Edi Cahyono

Abstract


ABSTRAKSI                                                 

 

Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah memberikan informasi dan pengetahuan kepada anggota karang taruna “Tunas Muda Jati” tentang konsep dasar entrepreneurship dan inovasi dalam berwirausaha. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode ceramah, diskusi dan konsultasi. Melalui kegiatan ini, diharapkan pengetahuan dan pemahaman anggota karang taruna tentang konsep entrepreneurship dan inovasi semakin meningkat dan segera memulai usaha secara mandiri maupun kelompok. Karangtaruna adalah bibit masa depan pada sebuah desa, oleh karena itu pengenalan sejak dini mengenai kewirausahaan sangat penting bagi mereka. Sebagian besar anak muda sekarang memilih untuk kuliah ataupun langsung kerja pada suatu perusahaan, akan tetapi pendapatan yang mereka peroleh dirasa kurang mencukupi. Oleh karena itu perlu sekali adanya pemahaman bahwa dengan berwirausaha maka akan dapat memperoleh pendapatan yang lebih besar, tentunya disertai dengan modal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (pkm) ini diharapkan bisa terus dilakukan, guna memberikan bekal kepada karangtaruna.

 

Kata Kunci : Entrepreneurship, Inovasi, Karangtaruna.


Full Text:

PDF

References


Dias, Á., & Silva, G. M. (2021). Lifestyle Entrepreneurship and Innovation in Rural Areas: The Case of Tourism Entrepreneurs. Journal of Small Business Strategy, 31(4), 40-49.

Drucker, P. F. (1985). Innovation and entrepreneurship: Practice and Principles.

Drucker, P.F. (2002). The Discipline of Innovation. Harvard Business Review, 80(8): 95-103.

Gorman, G., Hanlon, D., & King, W. (1997). Some research perspectives on entrepreneurship education, enterprise education and education for small business management: a ten-year literature review. International small business journal, 15(3), 56-77.

Inayati, S. R., & Ihwandi, L. R. (2020). Identifikasi Potensi Ciri-ciri Wirausaha Dengan Model Anggadiredja dan Djajamihardja Pada Mahasiswa Universitas Gunung Rinjani. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 4(2), 207-216.

Kuratko, D. F. (2005). The emergence of entrepreneurship education: Development, trends, and challenges. Entrepreneurship theory and practice, 29(5), 577-597.

Minai, M. S., Raza, S., bin Hashim, N. A., Zain, A. Y. M., & Tariq, T. A. (2018). Linking entrepreneurial education with firm performance through entrepreneurial competencies: A Proposed Conceptual framework. Journal of Entrepreneurship Education, 21(4), 1-9.

Pittaway, L., & Cope, J. (2007). Entrepreneurship education: A systematic review of the evidence. International small business journal, 25(5), 479-510.

Veeraraghavan, V. (2009). Entrepreneurship and innovation. Asia Pacific Business Review, 5(1), 14-20.




DOI: https://doi.org/10.36600/janaka.v3i1.265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.