PENTINGNYA PEMBELIAN YANG BENAR UNTUK MENGATASI PENIPUAN PADA ONLINE SHOP DI ERA MODERN
Abstract
Maraknya penipuan lewat E-Commerce dan online shop menimbulkan keprihatinan kita semua, dimana penjual menginginkan transfer uang terlebih dahulu kemudian barang dikirm. Dalam beberapa kasus tidak semua sebagai penjual dan terdapat pihak-pihak tertentu yang ingin menipu. Penipuan yang terjadi dimana pembeli sudah transfer uang terlebih dahulu akan tetapi barang tidak dikirm, sehingga sangat dirugikan. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, sebaiknya apabila ingin membeli barang secara online sebaiknya lewat marketplace. Pada sistem ini pembeli akan transfer terlebih dahulu ke sistem marketplace ataupun bisa melakukan pembaran Cash On Delivery (COD) sehingga penjual baru bisa memperoleh dana ketika barang sudah diterima. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (pkm) ini dilakukan di dusun palur RW 04 desa palur mojolaban Sukoharjo dan diikuti oleh 23 masyarakat yang terdiri dari berbagai unsur yakni wiraswasta, ibu rumah tangga, karyawan swasta dll. Kegiatan kepada masyarakat ini berlangsung dengan lancar dan sukses terbukti dengan antusias peserta yang hadir dan tanggapan kepada penyaji. Masyarakat yang hadir memberikan pertanyaan kepada penyaji mengenai apa yang disampaikan sehingga jalannya diskusi bisa terlaksana.
Kata Kunci : E-Commerce, Online Shop, Penipuan
Full Text:
PDFReferences
Hanafiah, H. M. (2015). Akad Jual Beli Dalam Tradisi Pasar Terapung Masyarakat Banjar. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 15(1), 201-217.
Hasan, A., & Reza, T. R. T. (2021). Analisis Penerapan Sistem Pembayaran Cash On Delivery (COD) untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online pada Aplikasi Marketplace Toko Deals Of The Day. JAMBIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 114-118.
Istanti, F. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja dan E-promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online di Kota Surabaya. Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NSC Surabaya, 4(1), 14-22.
Kojongian, V., & Lumanauw, B. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Di Cool Supermarket Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 811-820.
Nasution, H. F. (2018). Pengaruh Kemudahan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Secara Online (Studi Kasus Mahasiswa Belanja Online Pada FEBI IAIN Padangsidimpuan). At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(1), 26-39.
Nugroho, T. S. P. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbisnis Dengan Menggunakan Media Instagram. Janaka: jurnal pengabdian masyarakat kewirausahaan indonesia, 2(1), 29-34.
Saragih, H., & Ramdhany, R. (2012). Pengaruh Intensi Pelanggan Dalam Berbelanja Online Kembali Melalui Media Teknologi Informasi Forum Jual Beli (FJB) Kaskus. Jurnal Sistem Informasi, 8(2), 100-112.
Takanjanji, J. (2020). Merefleksi Penegakan Hukum Tindak Pidana Penipuan Online. Widya Pranata Hukum: Jurnal Kajian dan Penelitian Hukum, 2(2), 75-90.
DOI: https://doi.org/10.36600/janaka.v3i1.266
Refbacks
- There are currently no refbacks.