PEMBERDAYAAN SKILL BERWIRAUSAHA BAGI IBU RMAH TANGGA SEBAGAI BAGIAN PEMULIHAN EKONOMI SETELAH PANDEMI COVID 19

Nandini Oktora Febriyanti

Abstract


Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini dilakukan untuk tujuan peningkatan ekonomi setelah pandemi covid 19 bagi ibu rumah tangga desa candi mulyo kecamatan jombang. Dalam mencapai tujuan tersebut maka cara yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan kewirausahaan bagi rumah tangga di desa candi mulyo khususnya bagi mereka yang ibu rumah tangga. Metode yang dilakukan adalah dengan menggunakan presentasi dan diskusi masalah masalah ibu rumah tangga dalam mengembangkan bisnisnya. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah  ibu rumah tangga yang hadir sadar bahwa apabila mereka ingin meningkatkan perekonomian keluarga maka haruslah mencari alternatif sumber keuangan lain, sehingga tidak bergantung pada gaji suami.Kegiatan ini juga hasil positif lainnya dimana peserta yang hadir sangat antusias dengan cara mendengarkan penyajian secara seksama dan memberikan tanggapan berupa pertanyaan.

 

Kata Kunci : Ibu Rumah Tangga, Peningkatan Ekonomi, Kewirausahaan, Pandemi


Full Text:

PDF

References


Arbarini, M., Rifai, A., & Mulyono, S. E. (2018). Model Literasi Berbasis Entrepreneurship dalam Peningkatan Ekonomi Produktif Perempuan Istri Nelayan Tradisional. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment.

Kabalmay, H. A. (2015). Kebutuhan Ekonomi dan Kaitannya dengan Perceraian (studi atas cerai gugat di Pengadilan Agama Ambon). no, 1, 21.

Rimadani, F., & Murniawaty, I. (2018). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, business center dan kreativitas siswa terhadap jiwa berwirausaha siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 976-991.

Rosita, R. (2020). Pengaruh pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109-120.

Umar, A., Sasongko, A. H., Aguzman, G., & Sugiharto, S. (2016). Analisa Swot Pada Bisnis Rumahan, Studi Kasus Pada Bisnis Laundry Kiloan. BBM (Buletin Bisnis & Manajemen), 2(2).

Wibowo, A., Pradiptha, A. P., Mulyati, M., & Utari, D. R. (2020). Penyuluhan Wirausaha Berbasis Teknologi untuk Pemulihan Ekonomi Masyarakat Terdampak Covid-19 di Masa New Normal. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(3), 357-365.




DOI: https://doi.org/10.36600/janaka.v3i1.271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.