PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN USAHA DALAM PERBAIKAN KINERJA UMKM

Rosita Rosita, Ida Ayu Kade Rachmawati Kusasih, Nur Kholis, Heri Susanto

Abstract


ABSTRACT

Frozen food is one of the activities of micro, small and medium enterprises (MSMEs). frozen is an alternative for manufacturers to be able to sell their products for a longer period of time and not only rely on orders from incoming orders. Community service activities aim to increase the productivity of Aflaha Frozen Food (AFF) MSMEs in carrying out operations through improving management and financial business governance. Improvement management is carried out with entrepreneurial motivation so that MSME actors remain confident in their business even though they are faced with difficulties such as a decrease in people's purchasing power, human resource management is carried out so that MSME actors can manage human resources efficiently and marketing management is carried out so that MSME actors can expand marketing coverage. while financial governance is carried out through financial-based arrangements so that MSME players can find out immediately when there is a material discrepancy. Through the improvement of these two things, it is hoped that AFF will get better and its legacy will increase the MSME resources.

 

Keywords: Frozen food, MSME, HR Management, Marketing Management and Financial Governance

 

 

 

ABSTRAKSI

Frozen food merupakan salah satu kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). frozen menjadi alternatif  bagi produsen untuk bisa menjual produknya dengan jangka waktu yang lebih panjang dan tidak hanya mengandalkan order dari masuknya pesanan. Kegiatan pengabdian bertujuan untuk meningkatkan produktivitas UMKM Aflaha Frozen Food (AFF) dalam pelaksanaan usahanya melalui perbaikan manajemen dan tata kelola keuangan usahanya. Perbaikan manajemen dilakukan dengan motivasi kewirausahaan agar pelaku UMKM tetap yakin pada usahanya meskipun diterpa kesulitan seperti penurunan daya beli masyarakat, manajemen sumber daya manusia dilakukan agar pelaku UMKM dapat mengelola SDM dengan efisien dan manajemen pemasaran dilakukan agar pelku UMKM dapat memperluas cakupan pemasaran. sedangkan tata kelola keuangan dilakukan melalui penyusunan keuangan berbasis digital agar pelaku UMKM dapat mengetahui dengan segera ketika ada ketidaksesuaian yang material. Memalui perbaikan dua hal tersebut diharapkan AFF akan semakin baik dan gilirannya akan meningkatkan sumberdaya UMKM tersebut.

 

Kata Kunci : Frozen food, UMKM, Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran dan Tata kelola      Keuangan


Full Text:

PDF

References


Adelina, N. (2022). Sukses Membuka Online Untuk Membangun Dan Pengembangan Usaha Kecil Bagi Masyarakat Perkotaan . JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 3(1)

Bayu Pramutoko. (2020). Manajemen Pemasaran : Manajemen Pemasaran Modern. In Management Pemasaran

Girsang, R.M., dan Titin Agustina. (2018). Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Susu Sapi Perah Best Cow pada Unit Produksi Koperasi Peternak Galur Murni di Kecamatan Ajung Kabupaten Jember

Sari,W., Rifki, A.M., dan Karmila M. (2020) Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid

Shinta, Aghustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Malang : Universitas Brawijaya Press.

Pratiwi, I. W. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar, Klaten, Jawa Tengah. JP3SDM, 9 (2), 30–45

Sasongko, Dedy. “ UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit”.www.djkn.kemenkeu.go.id. Diakses tanggal 11 Oktober 2022

Wicaksono, D. A. (2021). Manajemen Usaha Dan Pembuatan Kemasan Serta Labeling Home Industri Sale Pisang Pada Usaha Kelompok Ibu rumah Tangga Di Desa Kedungringin Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 2(2)




DOI: https://doi.org/10.36600/janaka.v3i2.293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.