OPTIMALISASI POTENSI TANAMAN HIAS LOKAL SEBAGAI PELUANG USAHA YANG BERKELANJUTAN DI KLATEN

Heri Susanto, Rosita Rosita, Ida Ayu Kade Rachmawati Kusasih, Amy Wulandari

Abstract


Usaha kecil tanaman hias merupakan salah satu sektor usaha yang berkembang di masyarakat. Namun, masih banyak usaha kecil tersebut yang mengalami kesulitan dalam mengelola aspek keuangan dan pemasaran sehingga tidak dapat memaksimalkan potensi usahanya. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat terkait akuntansi biaya, pemasaran, dan operasional sangat penting untuk membantu meningkatkan kinerja usaha kecil tersebut. Dalam pengabdian kepada masyarakat terkait akuntansi biaya, pentingnya pemahaman tentang biaya produksi dan keuntungan yang dihasilkan menjadi fokus utama. Pelatihan dan pendampingan dilakukan untuk membantu pengusaha kecil dalam menghitung biaya produksi  dan  mengoptimalkan  keuntungan.  Selain  itu,  dalam pengabdian  kepada  masyarakat  terkait pemasaran,  dilakukan  pelatihan  dan  pendampingan  untuk  meningkatkan  efektivitas  pemasaran  dan menarik pelanggan dengan baik. Selain itu, pengabdian kepada masyarakat juga dilakukan terkait operasional, di mana dilakukan pelatihan dan pendampingan dalam mengelola produksi dengan lebih efisien dan efektif. Hal ini bertujuan untuk mengurangi biaya produksi sehingga dapat meningkatkan keuntungan. Dalam keseluruhan pengabdian kepada masyarakat, tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengusaha kecil dalam mengelola usaha kecil tanaman hias. Diharapkan dengan adanya pengabdian tersebut, masyarakat dapat meningkatkan kinerja usaha kecilnya dan meningkatkan kesejahteraan melalui peningkatan pendapatan dari usaha kecil tersebut.

 

Kata kunci : UMKM, Tanaman Hias, akuntansi biaya, pemasaran dan operasi


Full Text:

PDF

References


Armstrong, G., & Kotler, P. (2017). Marketing: An introduction (13th ed.). Pearson

Drury, C. (2018). Management and Cost Accounting (10th ed.). Cengage Learning EMEA. Fournier, S., & Avery, J. (2018). The uninvited brand. Business Horizons, 61(1), 65-73.

Grönroos, C. (2017). On defining marketing: Finding a new roadmap for marketing. Marketing Theory, 17(2), 141-160.

Hansen, D.R., Mowen, M.M. (2017). Cornerstones of Cost Management, 4th Edition. Cengage Learning. Hilton, R.W., & Maher, M.W. (2019). Cost Management: Strategies for Business Decisions (5th ed.). McGraw-Hill Education.

Horngren, C.T., Datar, S.M., Foster, G., Rajan, M.V. (2018). Cost Accounting: A Managerial Emphasis,16th Edition. Pearson Education.

Keller, K. L. (2019). Conceptualizing, measuring, and managing customer-based brand equity. Journal of Marketing, 83(2), 1-22.

Payne, A. F., Storbacka, K., & Frow, P. (2018). Managing the co-creation of value. Journal of the Academy of Marketing Science, 46(1), 1-24.

Sheth, J. N., & Sisodia, R. S. (2018). Does marketing need reform?: Fresh perspectives on the future. Routledge.

Verhoef, P. C., Reinartz, W. J., & Krafft, M. (2019). Customer engagement as a new perspective in customer management. Journal of Service Research, 22(1), 3-4.




DOI: https://doi.org/10.36600/janaka.v4i1.315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.