EKSISTING MODEL THE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) UMKM OMAH COWBOY

Rini Handayani, Hidup Marsudi, Triyanto Triyanto, Ririn Kartikasari

Abstract


Business Model Canvas (BMC) memiliki sembilan elemen yang meliputi Pelanggan yang mencakup Segmen Pelanggan, Proposisi Nilai, Saluran, Hubungan Pelanggan, Aliran Pendapatan, Sumber Daya Utama, Aktivitas Utama, Kemitraan Utama, dan Struktur Biaya. Dengan BMC, Anda bisa mengetahui cara apa saja yang digunakan UMKM OMAH COWBOY untuk mengembangkan usahanya. Omah Cowboy merupakan salah satu usaha UMKM di desa Banyuanyaar yang bergerak di bidang produksi olahan susu. Produk olahannya berupa yoghurt dan SSY masih terus dikembangkan menjadi keju dan produk susu lainnya. Hasil produksinya dapat dinikmati oleh orang tua, anak-anak, remaja, balita, dewasa, baik perempuan maupun laki-laki. Tempat produksinya masih di pedesaan asri dan jauh dari keramaian. Omah COWBOY bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar serta memanfaatkan potensi sumber daya yang ada

Kata Kunci: Business Model Canvas, UMKM Omah COWBOY


Full Text:

PDF

References


Adelina, N., & Wagiyem, W. (2022). Sukses Membuka Online Untuk Membangun Dan Pengembangan Usaha Kecil Bagi Masyarakat Perkotaan. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 3(1), 40-47.

Assauri, S. (2011). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Rajawali Pers

Priyono, E., & Nugroho, T. S. P. (2023). PENYULUHAN PENGOLAHAN SAMPAH/LIMBAH RUMAH TANGGA MENJADI BAHAN BERNILAI EKONOMI DI RT 03 RW 22 PERUM NGRINGO INDAH, KEC. JATEN KARANGANYAR. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 4(1), 41-49.

Hudori, Muhammad. 2015. Review Business Model dan Daya Saing Industri Agribisnis.. Bekasi:

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Laksana, A. (2019). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Malikussaleh, Industrial Engineering Journal Vol.4 No.1 (2015) 56-61 ISSN 2302 934X

Nugraha, L. A. (2011). Pengantar Manajemen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurlaila Mahdiah, Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Susu di Sentra Peternakan Sapi Perah Kelurahan Kebon Pedes, Jurnal Pusat Informasi Masyarakat, Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim, Institut Pertanian Bogor,

Nugroho, T. S. P. (2018). Calculation Of Production Price Analysis In Cv Pelangi Advertising. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 2(01).

Pujawan, I. N. (2010). Supply Chain Management. Surabaya: Guna Widya.

Handayani, R. (2021). Penyuluhan Peran Manajemen Kewirausahaan Dalam Pengembangan Usaha Kecil Pada Kelompok Masyarakat Desa Mlopoharjo Kecamatan Wuryantoro Kabupaten Wonogiri. Janaka: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 2(2), 1-8.

Riswanto, Natak, dkk. 2014. BISNIS MODEL KANVAS BISNIS MODEL KANVAS (BMC) CIMORY YOGH (BMC) CIMORY YOGHURT DAN URT DAN CAFE NGOPI.Jember: Universitas Jember.

Salman, M. (2013). Manajemen Biaya. Yogyakarta: CV Andi Offset

Siregar, Zulham Husein. 2016. Analisis Bisnis Model dengan Pendekatan Bussines Model Canvas Terhadap Usaha Mikro Agribisnis. Jakarta: e-Proceeding of Management. Vol.3, No.1

Sriyanto, S., Sutianingsih, S., & Kasidin, K. (2021). PELATIHAN PENGEMBANGAN ATRIBUT PRODUK DAN MEDIA PROMOSI PADA INDUSTRI RUMAHAN KARAK DI KALIJIRAK. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 2(1), 10-19.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Triyanto, T., Sudarmadi, S., & Wagiyem, W. (2023). PENYULUHAN IJIN USAHA MIKRO DAN KECIL BAGI PELAKU USAHA “TAHU PAK ATMO” DI KRAJAN, MOJOSONGO, JEBRES, SURAKARTA. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 4(1), 1-8.

Yordan Gunawan, Barbara Gunawan, M. Bima Aoron Hafiz, Pengolahan Susu Murni Menjadi Makanan Ringan (Stik Susu) Sebagai Alternatif Peningkatan Kesejahteraan Bagi Masyarakat Dusun Kebondowo Boyolali, Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS Nol. 6 No 1 Juni 2020




DOI: https://doi.org/10.36600/janaka.v4i2.345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.