FLEKSIBILITAS BADAN LAYANAN UNIT DAERAH (BLUD) DAN IMPLEMENTASINYA UNTUK MUTU DAN DAYA SAING

Rima Parawati Bala

Abstract


Badan Layanan Umum (BLU) adalah instansi dilingkungan pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan apda prinsip efisiensi dan produktivitas. Sedangkan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) adalah sistem yang diterapkan oleh unit pelaksana teknis dinas/badan daerah. Berbeda dengan unit kerja SKPD pada umumnya, pola pengelolaan keuangan BLUD memberikan fleksibilitas berupa keleluasaan untuk menerapkan praktik-praktik bisnis yang sehat untuk meningkatkan pelayanan, seperti pengecualian dari ketentuan pengelolaan keuangan daerah pada umumnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pada Hotel Porta Yogyakarta, Kegiatan Bimbingan teknis adalah metode bimbingan dan penyuluhan yang diberikan oleh tenaga ahli atau narasumber. Setelah mengikuti Bimtek ini diharapkan peserta mendapatkan wawasan tentang fleksibilitas dari BLUD, dan terpacu untuk mengimplementasikan BLUD pada RSUD masing-masing.

Kata kunci: Fleksibilitas BLUD, Implementasi BLUD, RSUD


Full Text:

PDF

References


Hari, Y., Darmanto, D., Paramitha, M., & Yanggah, M. E. (2023). Pengembangan Sistem Layanan Minibank untuk Mendukung Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di SMKN Surabaya. UN PENMAS (Jurnal Pengabdian Masyarakat untuk Negeri), 3(1), 8-15.

Implementasi PPK-Blud Dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik . http://keuda.kemendagri.go.id/artikel/detail/28-implementasi-ppk-blud-dan peningkatan-kualitas-pelayanan-publik.Diakses 23 Desember 2023

Malinda, R., & Sari, M. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Pelayanan Rawat Jalan di BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) RSUD Kota Langsa. Jurnal EDUKES: Jurnal Penelitian Edukasi Kesehatan, 56-69.

Nadilla, T., Basri, H., & Fahlevi, H. (2016). Identifikasi Permasalahan Penerapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD)-Studi Kasus Pada Rumah Sakit Permata dan Rumah Sakit Berlian. Jurnal Administrasi Akuntansi: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2).

Nugroho, T. S. P. (2022). Pentingnya Pembelian Yang Benar Untuk Mengatasi Penipuan Pada Online Shop Di Era Modern. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 3(1), 9-14.

Pratama, Y., & Syahrial, S. (2015). Hubungan Keluarga Pasien Terhadap Kekambuhan Skizofrenia di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Jiwa Aceh. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 15(2), 77-86.

Prasetyo, A., Dewi, R. R., & Masitoh, E. (2022). Analisis Kinerja Berdasarkan Konsep Value For Money Pada Badan Layanan Umum Daerah (Blud) Puskesmas Penumping Kota Surakarta. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 11(2), 21-27.

Silalahi, B. A., Sihombing, M., & Isnaini, I. (2022). Analisis Implementasi Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. RM. Djoelham Binjai. PERSPEKTIF, 11(1), 160-168.

Suharmiati, S., Handayani, L., & Roosihermiatie, B. (2019). Analisis Biaya Obat Unit Rawat Jalan pada Rumah Sakit Badan Layanan Umum (BLU)/Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Indonesia. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 126-139.




DOI: https://doi.org/10.36600/janaka.v4i2.349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.