STRATEGI PENINGKATAN UMKM MELALUI MEDIA SOSIAL GUNA KEBERMANFAATAN JANGKAUAN PEMASARAN DESA BURAN TASIKMADU KARANGANYAR

Totok Susilo Pamuji Nugroho

Abstract


ABSTRAKSI

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan ini bertujuan untuk memberikan edukasi masyarakat tentang kemudahan dalam memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan jangkauan pemasaran yang dilakukan, sehingga kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan media sosial. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan ini diharapkan bisa memberikan dampak langsung bagi penghasilan para pelaku UMKM di desa buran kecamatan tasikmadi karanganyar. Dengan menggunkan media sosial untuk sarana promosi, maka banyak orang yang melihat produk yang ditawarkan, sehingga pengunjung toko semakin banyak dimana tidak hanya mengandalkan penjualan secara offline. Dalam pelaksanaan kegiatan ini para pelaku UMKM sangat serius dalam mengikuti kegiatan ini dan berharap manfaat yang bisa diperoleh guna meningkatkan pendapatan masing-masing. Metode kegiatan yang dilakukan adah dengan memberikan ceramah dan tanya jawab kepada para peserta kegiatan, sehingga para pelaku UMKM bisa mengetahui solusi atas permasalahan yang dihadapi. Masyarakat berharap kegiatan ini tidak hanya dilakukan sekali saja dan bisa dilakukan di sesi yang akan datang.

Kata kunci : Media Sosial, UMKM, Pemasaran


Full Text:

PDF

References


Arifianto, D., Umilasari, R., & Wahyudi, E. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Marketplace Untuk Meningkatkan Pemasaran Produksi UMKM Bonpay Dan Arumfood. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 6(2), 155-160.

Harinie, L. T., & Hukom, A. (2020). Pendampingan dalam Memasarkan Produk Hasil Usaha UKM melalui Penggunaan Media Sosial di Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51-59.

Jaelani, J., & Marsudi, H. (2023). PENINGKATAN KAPASITAS KERJA KELOMPOK KLASTER BIOFARMAKA. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 4(1), 59-66.

Novia, C., Hendriana, F. M., Vionata, F. A., Ida, I. A., Damaiyanti, I. C., Maula, I., ... & Rahma, U. (2021). PKM Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana promosi bagi UKM kripik singkong gazal makmur didesa kotaanyar pada masa new normal. Journal of Community Engagement, 2.

Nugroho, T. S. P. (2022). PENTINGNYA PEMBELIAN YANG BENAR UNTUK MENGATASI PENIPUAN PADA ONLINE SHOP DI ERA MODERN. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 3(1), 9-14.

Priyono, E., & Nugroho, T. S. P. (2023). PENYULUHAN PENGOLAHAN SAMPAH/LIMBAH RUMAH TANGGA MENJADI BAHAN BERNILAI EKONOMI DI RT 03 RW 22 PERUM NGRINGO INDAH, KEC. JATEN KARANGANYAR. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 4(1), 41-49.

Sasongko, D., Yuliawati, P. M., Nurhidayah, R., Utomo, R. G., Setyawan, A., & Suciati, K. (2021). Pengembangan Pemasaran UMKM Asih Di Kabupaten Magelang Dengan Memanfaatkan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 68-73.

Setiawati, S., & Ramdhania, K. F. (2020). Sosialisasi Media Sosial dan Pembuatan Hand sanitizer, Hand soap Dalam Rangka Ikut serta Menanggulangi COVID-19. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 11-18.

Sriyanto, S., Sutianingsih, S., & Kasidin, K. (2021). PELATIHAN PENGEMBANGAN ATRIBUT PRODUK DAN MEDIA PROMOSI PADA INDUSTRI RUMAHAN KARAK DI KALIJIRAK. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 2(1), 10-19.

Wahyuni, S., Mesra, B., Harianto, E., & Batubara, S. (2020). Optimalisasi Aplikasi Media Sosial Dalam Mendukung Promosi Wisata Geol Kepada Masyarakat Desa Pematang Serai. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(2), 129-134.




DOI: https://doi.org/10.36600/janaka.v4i2.352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.