TRANSFORMASI GLOBAL: LANGKAH PRAKTIS MENGEMBANGKAN USAHA HINGGA TEMBUS PASAR INTERNASIONAL

Rima Parawati Bala, Sutianingsih Sutianingsih

Abstract


Perdagangan Internasional serta cara memasukinya menjadi hal yang sangat penting untuk dipelajari oleh para pelaku bisnis. Pemahaman ini dapat memberikan pengetahuan kepada perusahaan-perusahaan internasional untuk mendirikan dan memperluas operasi-operasi diluar negeri. Untuk dapat ikut serta bersaing dengan produk-produk luar negeri, ada beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan oleh para pelaku bisnis sebagai cara memasuki pasar luar negeri adalah dengan cara Ekspor. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pada Bumi Perkemahan Segorogunung. Kegiatan pengabdian adalah metode bimbingan dan penyuluhan yang diberikan oleh narasumber. Setelah mengikuti pengabdian ini diharapkan peserta mendapatkan wawasan tentang cara mengembangkan usaha mereka agar dapat tembus pasar internasional.

Kata kunci: Pasar Internasional. Ekspor


Full Text:

PDF

References


Bala, R. P. (2023). FLEKSIBILITAS BADAN LAYANAN UNIT DAERAH (BLUD) DAN IMPLEMENTASINYA UNTUK MUTU DAN DAYA SAING. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 4(2), 40-46.

Firman. 2006. Modul Bisnis Internasional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Gumilar, A. (2018). Analisis Bisnis Internasional Di Indonesia. Jurnal Ilmiah ADBIS (Administrasi Bisnis), 2(2), 141-154.

Maurina, A. C., & Rusdianto, R. Y. (2023). Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Terhadap Perdagangan Internasional. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 70-76.

Musyafa, M. H. (2023). MENERAPKAN STRATEGI PEMASARAN BISNIS INTERNASIONAL SERTA DAMPAKNYA BAGI UMKM PASAR PETISAH MEDAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6161-6172.

Nugroho, T. S. P. (2022). Pentingnya Pembelian Yang Benar Untuk Mengatasi Penipuan Pada Online Shop Di Era Modern. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 3(1), 9-14.

Nugroho, T. S. P. (2023). STRATEGI PENINGKATAN UMKM MELALUI MEDIA SOSIAL GUNA KEBERMANFAATAN JANGKAUAN PEMASARAN DESA BURAN TASIKMADU KARANGANYAR. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 4(2), 57-61.

Priyono, E., & Nugroho, T. S. P. (2023). PENYULUHAN PENGOLAHAN SAMPAH/LIMBAH RUMAH TANGGA MENJADI BAHAN BERNILAI EKONOMI DI RT 03 RW 22 PERUM NGRINGO INDAH, KEC. JATEN KARANGANYAR. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 4(1), 41-49.

Rusdin. 2002. Bisnis Internasional dalam Pendekatan Praktek. Bandung: Alfabeta

Syafira, D., & Ibrahim, H. (2023). Peran Umkm Dalam Strategi Dan Pemasaran Bisnis Internasional. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2444-2450.

Sinuhaji, T. N. R., & Ibrahim, H. (2024). Tantangan Pengembangan Jaringan Pasokan Global Bagi Usaha Kecil, Mikro Dan Menengah (UMKM). Wawasan: Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 2(2), 52-57.

Triyanto, T., Sudarmadi, S., & Wagiyem, W. (2023). PENYULUHAN IJIN USAHA MIKRO DAN KECIL BAGI PELAKU USAHA “TAHU PAK ATMO” DI KRAJAN, MOJOSONGO, JEBRES, SURAKARTA. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 4(1), 1-8.




DOI: https://doi.org/10.36600/janaka.v5i1.369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.