STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING INDUSTRI PARIWISATA DALAM PENGUATAN EKONOMI LOKAL DI KAWASAN SOLO RAYA

Hidup Marsudi, Andri Nurtantiono, Heny Kurnianingsih

Abstract


The achievement of competitive advantage will be realized through superior products, namely products that are the choice of consumers. Solo Raya formerly known as Subosukawonosraten (Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen and Klaten) has a variety of tourism products that are quite unique. Each region has its own characteristics that are difficult for other regions to follow.Based on the regression analysis that the satisfaction of tourist visitors is positively and significantly influenced by the service quality dimension variables, either jointly or partially. Variables in the service quality dimension determine the effect of satisfaction, while variables outside the service quality dimension do not significantly affect the level of satisfaction.Tourist visitors in general, from the aspect of attractiveness, it can be seen that tourist visitors are interested in aspects of the natural environment and socio-cultural environment, from the aspect of advice, tourist visitors prefer a clean, tidy From the aspect of the frequency of visits, most of them visit repeatedly, from the aspect of superior products, most of them are culinary and handicraft products

Keywords


Competitive Advantage, tourism industry, Local Economy

Full Text:

PDF

References


Almaidah, S. (2019). Efek Mediasi Kepercayaan Dalam Pola Hubungan Antara Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Word of Mouth, Dan Minat Nasabah (Studi Pada Nasabah Bank Jateng Kantor Cabang Pembantu Simo Boyolali). Riset Manajemen dan Akuntansi, 10(1).

David, Fred, R. 2006, Manajemen Strategis Konsep dan Kasus, edisi 10 (terjemahan), Jakarta:

Salemba Empat

Bambang, et. Al., Perbaikan Kualitas Pelyanan Jasa dengan Model Servequal Dimensi Kepariwisataan dan Quality Funcion Deployment ( Studi kasus di PT X, TEMPAT WISATA WAHANA PERMAINAN ) J@TI Undip, Vol V, No 1, Januari 2010

Gitosudarmo, Indriyo, 2001, Manajemen Strategis, Edisi Pertama, Yogyakarta: BPFE

Hit, Michael A. Et All, 2001, Manajemen Strategis Dayasaing dan Globalisasi, Edisi Terjemahan, Yakarta:Salemba Empat

Hunger, J. David dan Wheelen Thomas L. 2001, Manajemen Strategis, edisi Terjemahan,

Yogyakarta: Andi

Reksohadiprojo, Sukanto, 1996, Manajemen Strategi (Business Policy), Yogyakarta:

BPFE

Juju, Undang, 2007, Analisis Faktor-faktorSumber Keunggulan Bersaing Dalam Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Jasa Pendidikan dan Implikasinya Terhadap Loyalitas, Trikonomika Vol. 6 No. 2 Bandunng: Fak. Ekonomi

Unpas

Komarudin, Nurul; dan Fauziah, Fritri Ella, 2006, Analisis Pengaruh Keunggulan Produk, Kegunaan Produk dan Promosi Terhadap Tingkat Kesuksesan Produk Telkom Flexi di

Jepara, Jurnal Dinamika Ekonomi Bisnis Vol 3 No. 2, Jepara: STIE NU

Saaty, TL., 1993., Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin, (terjemahan: Liana Setiono).

PT Pustakan Binaman Pressindo, Jakarta

Saputro, Edy purwo dkk, 2006, Prospek Kepariwisataan dan Dan daya Tarik Tujuan Wisata, Benevit Vol. 10 No. 1 Surakarta: BPPE FE UMS

Sucherly, 2007, Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing serta Implikasinya Pada Loyalitas Pelanggan, Trikonomika Vol. 6 No. 2 Bandunng: Fak. Ekonomi Unpas

Soegoto, Edy Soeryanto, 2008, Lingkungan Pemasaran dan Keunggulan Bersaing Dalam Perumusan Strategi Pemasaran: Survei pada PTS di Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan

Banten, Trikonomika Vol VII No. 1 Bandung: Fak. Ekonomi Unpas

Susanto , et. All., 2000, Evaluasi Potensi Obyek Wisata di Zona Pengembangan Bagian Barat Kec.

Pacitan, Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial Vol. 1 No. 2, Surakarta: LP UMS

Utama, Agung, 2003, Upaya Peningkatan Keunggulan Kompetitif Perusahaan Dalam

Era Persaingan Global Melalui Aliansi Strategi, Kajian Bisnis Nomor 30, Yogyakarta: STIE WW




DOI: https://doi.org/10.36600/rma.v13i2.288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.