UPAYA PEMULIHAN PEROLEHAN LABA UMKM MELALUI MANAJEMEN BIAYA DAN STRATEGI PEMASARAN DIMASA COVID-19

Jaurino Jaurino, Aris Setiawan

Abstract


Pandemi virus corona (Covid – 19) membuat pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sektor makanan olahan perlu menata ulang strategi bisnisnya. Hal ini dikarenakan UMKM sektor makanan olahan mengalami penurunan omzet lebih dari 60%. Kondisi ini dipengaruhi adanya beberapa kebijakan pemerintah dalam memerangi pandemi virus corona diantaranya aturan segala aktivitas dilakukan dirumah, penerapan Social Distancing serta adanya Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB). Resiko terhempasnya UMKM akibat virus corona membuat intervensi pemerintah dengan memberikan stimulus berupa bantuan kredit dalam skala besar kepada UMKM yang terdampak corona. Disisi lain diberikan insentif pajak dan pendampingan digital. Kebijakan perhatian yang besar terhadap UMKM oleh pemerintah sifatnya merupakan Eksternal Suport yang perlu pengendalian secara intensif. Disamping eksternal suport UMKM masih perlu edukasi secara internal akan kesadaran pengelolaan usaha secara professional, salah satunya adalah pentingnya pengelolaan biaya atau manajemen biaya serta strategi pemasaran yang tepat serta relevan dengan jenis dan karakter bisnisnya. Pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan pada edukasi secara internal terhadap para pelaku UMKM yang terdampak covid-19 melalui pendampingan, mengenai pentingnya pengeloaan biaya yang ekonomis, effesien dan effektif serta pemasaran yang tepat sesuai dengan jenis dan karakter bisnisnya. Kata Kunci: Covid 19, Pengelolaan Biaya, Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Ainurrohmah, F., & Handayani, R. (2020). The influence of motivation, learning discipline, teacher competence and parental support on academic achievement of students (study on gama english course sukoharjo). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(4)

Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1286–1295.

Azizah, Fadilah N., dkk. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian Selama Pandemi Covid-19 Pada Saat New Normal. OECONOMICS Journal of Economics, 5(1), 46-62.

Blocher, David E Stout & Gery Cokins. 2011. Manajemen Biaya Penekanan Strategis Buku 1 Edisi kelima.Jakarta: Salemba Empat.

Cahyono, E., & Abdullah, S. (2020, October). Exploring the Model of Abusive Supervision and Employee’s Turnover Intention: Is Neuroticism a Moderator?. In ICAME 2020: Proceedings of the 5th International Conference on Accounting, Management and Economics (p. 119).

Hardilawati, W. L. (2019). Model Pemasaran Hubungan Pelanggan, Inovasi Dan E-Commerce Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Ukm Di Pekanbaru. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 9(2), 213–222.

Harilawati, H. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89-98.

Helmalia, H., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237. https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.182

Nurharista, Regina A., dkk. (2021). Penerapan Strategi Online Marketing UMKM Pada Era Normal Baru. Universitas Tanjungpura.

Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 20(April).

Nugroho, T. S. P., & Indahsari, N. D. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2021. Riset Manajemen dan Akuntansi, 14(1), 1-12.

Nurhidayat, E., & Marsudi, H. (2020). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN BRAND LOYALTY TERHADAP PURCHASE INTENTION AIR MINERAL DALAM KEMASAN UTRA PADA PT GUWATIRTASEJAHTERA. MUARA: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 3(1), 1-7.

Rizqiah, F., & Setiawan, A. (2014). Analisis Nilai Tambah dan Penentuan Metrik Pengukuran Kinerja Rantai Pasok Pepaya Calina ( Studi Kasus di PT Sewu Segar Nusantara ). Manajemen Dan Organisasi, V(1), 72–89.

Sari, D. W., & Kasidin, K. (2020). PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH NASABAH DI PT. BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SOLO. Riset Manajemen dan Akuntansi, 11(1), 36-48.

Sriyanto, S., & Adelina, N. (2020). ORIENTASI PASAR DAN KINERJA PERUSAHAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19: PERAN E-COMMERCE SEBAGAI MODERASI (Studi UMKM Di Kota Solo). Riset Manajemen dan Akuntansi, 11(2), 62-75.

Sutianingsih, S., Budiyanto, B., & Suwitho, S. (2023). Mediation Role of Job Satisfaction on the Influence of Non-Financial Compensation and Transactional Leadership on Employee Performance. The International Journal of Business & Management, 9(7), 79-84

Siagian, Onny A & Cahyono, Yoyok. 2021. Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206-217.

Thaha, Abdurahman, A. (2020). Dampak Covid Terhadap UMKM Di Indonesia. JURNAL BRAND, 2(1), 147-153.

Widiarty, W. S. (2019). Perlindungan hukum usaha kecil dan menengah dalam perdagangan garmen. Jakarta: Universitas Kristen Indonesia Press.

Wijayanti, H. T., & Almaidah, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang D’fresco Donut Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 18(2), 225-238.




DOI: https://doi.org/10.36600/.v2i1.172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.