STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA CV RIZKI BAROKAH

Sutianingsih Sutianingsih, Sriyanto Sriyanto, Navika Tiamy Marli’aini

Abstract


ABSTRACT

 

The purpose of this community service is to help business actors in promoting product CV. Rizki Barokah. This method of community service activities begins with the preparation stage and field survey. This survey phase begins with a candid discussion with CV business owners. Rizki Barokah to identify business actors' needs, opportunities, and challenges. Then, the socialization and training stage is carried out by the team. At this stage, there are several things implemented by the service team, namely (1) explaining the importance of an attractive product and (2) Online marketing. This community service activity results are as follows: Knowledge of partners, in this case, CV managers. Rizki Barokah's regarding the importance of attractive products and online promotional media before PKM activities were in the category of not understanding. However, after the PKM activities were carried out and the presentation and simulation of the material, it was known that the participant's knowledge about the importance of interesting products and online marketing media after being delivered increased.

 

 Keywords: Product, marketing strategy, and Small and Medium Enterprises

 

 

 

ABSTRAKSI

 

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu para pelaku usaha dalam mempromosikan produk CV. Rizki Barokah. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diawali dengan tahap persiapan dan survei lapangan. Tahap survei ini diawali dengan diskusi  dengan pemilik usaha CV. Rizki Barokah untuk mengidentifikasi kebutuhan, peluang, dan tantangan pelaku usaha. Kemudian, tahap sosialisasi dan pelatihan dilakukan oleh tim. Pada tahap ini, ada beberapa hal yang diterapkan oleh tim pengabdian, yaitu (1) menjelaskan pentingnya sebuah produk yang menarik dan (2) Pemasaran online. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebagai berikut: Pengetahuan mitra, dalam hal ini pengelola CV. Rizki Barokah's mengenai pentingnya produk yang menarik dan media promosi online sebelum kegiatan PKM masuk dalam kategori kurang paham. Namun setelah kegiatan PKM dilakukan dan pemaparan serta simulasi materi, diketahui bahwa pengetahuan peserta tentang pentingnya produk yang menarik dan media pemasaran online setelah disampaikan meningkat.

 

 Kata Kunci: Produk, strategi pemasaran, dan Usaha Kecil Menengah


Full Text:

PDF

References


Bismala, L. (2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 5(1), 19–26.

Budiyono, B., & Sutianingsih, S. (2019). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memoderasi Pengaruh Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(4), 445–469. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i4.5104

Fauziah, U. U., Eldine, A., & Sume, S. A. (2019). Sales Promotion Dan Harga Terhadap Volume Penjualan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 145. https://doi.org/10.32832/manager.v2i1.1873

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1), 76–82. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001

Hutabarat, E. (2017). Pengaruh Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Sun Plaza Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(2), 83–91.

Iswanti Nursyirwan, V., Sari Ardaninggar, S., Dwi Septiningrum, L., Rani Gustiasari, D., & Muhammad Hasan, J. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(02), 238–244.

Lupi, F. R., & Nurdin. (2016). Analisis strategi pemasaran dan penjualan. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 2(1), 20–31.

Mariana, K. (2012). Peran Strategis Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam Pembangunan Nasional. Informatika, 3(I Jarnuari), 15.

Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan ( Analysis of the effect of marketing mix to sales volume). Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.5281/zenodo.1012560

Rajagukguk, P. (2017). Analisis Kebijakan Produk Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan. Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST), 1(1), 473–478. seminar.bsi.ac.id/knist/index.php/UnivBSI/article/view/182

Soehardi. (2021). Model Peningkatan Volume Penjualan Melalui Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas Kopi Golda. JMSAB, 4(2), 353–360. https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i2.341

Sulistiyo, H., & Putra, R. A. K. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sektor Industri Pengolahan Kabupaten Bekasi. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 38–48. https://doi.org/10.34308/eqien.v7i2.145

Taroreh, G. A., Mananeke, L., & Roring, F. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mobil Mitsubishi Xpander Pada Pt. Bosowa Berlianmotor Kairagi Marketing Strategy Analysis in Increasing the Sales Volume of Mitsubishi Xpander Cars At Pt. Bosowa Berlian Motor Kairagi. Analisis Strategi…… 3683 Jurnal EMBA, 6(4), 3683–3692.




DOI: https://doi.org/10.36600/janaka.v3i2.298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.