Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone di Karesidenan Surakarta

Ahmad Sidiq, Kasidin Kasidin

Abstract


This study aims to find out how Service Quality, Price, Brand Image have an effect and are significant either partially or simultaneously (simultaneously) on Mobile Consumer Satisfaction in the Residency of Surakarta. With multiple linear regression analysis to test the hypothesis with t-test and F test with a sample of 109 respondents with purposive sampling technique, then obtained the partial test, namely t-count service quality of 4,588 sig 0.00, t-test for Price of 3.421 sig 0.001, t-test for Brand Image of 3.930 sig 0.000 each compared to t-table of 1.984 and Model Test with Fount test of 71.679 with sig 0.000 and F-table 2.70. Service Quality, Price, Brand Image have an effect and are significant either partially or simultaneously (simultaneously) on Mobile Phone Consumer Satisfaction in Surakarta Residency. Suggestion For mobile phone companies should maintain the three factors that influence consumer satisfaction, namely price, service quality, and brand image because it has contributed to the influence of 67.2%. And the management of the mobile phone company should improve the quality of service because based on the survey the price is still in the medium category


Keywords


Service Quality, Price, Brand Image, Consumer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Ade Duana Pratiwi dan Sutopo. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Tiket Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Handphone Kaligung Mas Kelas Eksekutif Pada PT KAI DAOP 4 Semarang. Jurnal Manajemen Universitas Diponegoro , 267-273.

Agus Erwan Purwanto dan Dyah Ratih Sulistyastuti . (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik dan Masalah - Masalah Sosial. Surakarta: Gaya Media.

al, H. e. (2010). Multivariate Data Analysis. Englewood Clifs: Prentice Hall.

Anggraeni, H. P. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Pada Pembelian Ulang (Studi Kasus Konsumen Majalah MIX di Jakarta Selatan). Bina Nusantara.

Balqis, D. (2009). Analisis Pengaruh Nilai Konsumen dan Citra Merek Terhadap Kapuasan Konsumen dalam Meningkatkan Retensi Konsumen (Studi Kasus pada Gies Batik Pekalongan). Semarang: Universitas Diponegoro.

Basu Swastha dan Irawan. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Surakarta: Liberty.

Berlian, A. S. (2012). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen di Toko Dannis Pati. Semarang: Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Bunga Ceacaria dan Suryono Budi Santosa. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pada Oryza Tour. Semarang: Undergraduate Thesis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Danti, N. A. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Meningkatkan Loyalitas Pengguna Jasa Travel Bejeu. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Fenesty, S. G. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Harga Terhadap Kepuasan Konsumen dan Implikasinya Pada Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Maskapai Penerbangan Air Asia di Yogyakarta: Thesis UPN Veteran.

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi. Semarang: BP Undip.

Fuad, M. (2016). Pengaruh Harga,Kualitas Layanan dan Citra Merek TerhadapKepuasan Konsumen Pada Pengguna Bus Trans Jogja di Yogyakarta: Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan ProgramSPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, S. (2002). Metode Penelitian. Surakarta: Pascasarjana UGM. J.E.Hair, Anderson, R.L. Tatham& W.C. Black. (1998). Multivariate Data

Analysis. New Jersey: Prentice International Inc. Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lasander, C. (2012). Citra Merek,Kualitas Produk dan Promosi Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional (Survey Pada Industri Rumah Tangga Dodol Daging Pala Audia Tahuna Kab.Sangihe) . Jurnal EMBA Vol.1 No.3 .

Lupiyoadi, H. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Salemba 4.

M.Singarimbun. (2006). Metode Penelitian Survey. Jakarta: Pustaka LP3S. Oliver, R. (1980). A Cognitive Model of The Antecedents and

Consequences of Satification Decisions. Journalof Marketing Research, 460-490.

Philip Kotler dan Gary Amstrong. (2003). Prinsip-PrinsipPemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, F. (1997). Riset Pemasaran. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Rustika Atmawati dan Wahyuddin. (2007). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departemen Store di Solo Grand Mall. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadyah Surakarta , 1-2.

Sarwono, J. (2005). Teori dan Praktik Riset Pemasaran dengan SPSS. Surakarta: Andi Offset.

Shandy, I. Z. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Pengguna Jasa Transportasi Bus Trans Jogja. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Stanton, W. (1998). PrinsipPemasaran Edisi Ketujuh Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Supranto. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Konsumen Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran. Surakarta: Andi Offset. Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran Edisi Kedua. Surakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.36600/rma.v12i2.203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.