DAMPAK MEDIA SOSIAL PADA PERKEMBANGAN UMKM DI KABUPATEN BOYOLALI

Agus Supriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen hubungan pelanggan, akses pasar, inovasi dan harga produk pada perkembangan UMKM. Responden penelitian ini adalah pelaku UMKM di Boyolali yang menggunakan sosial media dalam menjalankan usahanya. Sampel penelitian ini sebanyak 200, menggunakan teknik probability sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen hubungan pelanggan, akses pasar, inovasi dan harga produk berpengaruh signifikan pada perkembangan UMKM. Implikasi penelitian ini yaitu dengan adanya aplikasi sosial media, pelaku usaha mendapatkan kesempatan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, mengembangkan bisnisnya dengan cara melakukan perluasan pasar, inovasi dan menentukan harga jual produk.

Keyword: Media Sosial, Manajemen Hubungan Pelanggan, Akses Pasar, Inovasi, Harga Produk, Perkembangan UMKM.

Full Text:

PDF

References


Ahmed. I.; & S.K. Mohammad. 2013. The Relationship Between Perceived Fairness in Performance Appraisal and Organizational Citizenship Behavior in the Banking Sector of Pakistan: the Mediating Role of Organizational Commitment International Journal of Management and Innovation. 5: 27-42.

Baptiste. N.R. 2007. Tightening The Link Between Employee Wellbeing At Work And Performance A New Dimension For HRM Management Decision. 46:2.

Brynjolfsson, E.; & M. Smith (2010). Frictionless Commerce? A Comparison of Internet and Conventional Retailers. Management Science. 46 (4). 563-585.

Evans D.; & J. McKee. 2010. Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. Wiley Publishing, Inc., Indiana

Gilmore.A.; & D. Gallagher; & S.Henry. 2007. E-marketing and SMEs: Operational lessons for the future. European Business Review, 19(3), 234-247.

Goel, R. 2008. E-Commerce. New Age International Ltd Publishers.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Jagongo.S.; & C.Kinyua. 2013. The Social Media and Entrepreneurship Growth International Journal of Humanities and Social Science 3(10): 213-227.

Kotler. P. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi MilleniumJilid 2. PT Prenhallindo.

Kotler, P.; G. Armstrong (14th ed.) 2011. Principles of Marketing. Pearson Prentice Hall.

Lefebvre, R.C. 2011. An Integrative Model for Social Marketing. Journal of Social Marketing, 1(1): 54 – 72.

Payne, A.; P. Frow. 2009. A Strategic Framework for Customer Relationship Management. Journal of Marketing, 69 (4), 167–176.

Sekaran.U.; R.Bougie. 2010. Research Methods for Business: a Skill Building Approach ,5th ed, New Jersey: John Wiley & Sons., Inc.

Simon. D. 2012 “The Second Sex”. Amerika : KnopfDoubleday Pubishing Group




DOI: https://doi.org/10.36600/rma.v7i2.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.